Materi Matematika Kelas 3 SD Semester 1
A. Pengenalan Bilangan
Halo, teman-teman! Kita akan belajar tentang "Bilangan." Bilangan adalah angka-angka yang digunakan untuk mengukur, menghitung, dan menyusun objek dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa bilangan, dunia kita akan sangat rumit!
Misalnya, saat kita menghitung buah-buahan, uang, atau jumlah teman-teman di dalam kelas, kita menggunakan bilangan. Kita juga bisa menggunakan bilangan untuk menunjukkan posisi dalam perlombaan atau nomor telepon.
Jenis-jenis Bilangan
Di matematika, ada beberapa jenis bilangan yang penting untuk kita ketahui. Mari kita kenalinya:
- Bilangan Cacah: Bilangan cacah adalah bilangan yang terdiri dari bilangan positif dan bilangan nol (0). Contohnya: 0, 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya.
- Bilangan Asli: Bilangan asli diartikan sebagai bilangan bulat positif yang dimulai dari angka 1 hingga seterusnya. Ini artinya bilangan nol (0) tidak termasuk dalam bilangan asli.Contoh bilangan asli adalah 1, 2, 3, 4, 4, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, dan seterusnya.
- Bilangan Bulat: Bilangan bulat mencakup bilangan cacah, nol, dan bilangan negatif. Contohnya: -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, dan seterusnya.
- Bilangan Genap: Bilangan genap adalah bilangan bulat yang habis dibagi dua. Contohnya: -4, -2, 0, 2, 4, dan seterusnya.
- Bilangan Ganjil: Bilangan ganjil adalah bilangan bulat yang tidak habis dibagi dua. Contohnya: -3, -1, 1, 3, 5, dan seterusnya.
Analogi: Bayangkan bilangan seperti kumpulan petunjuk dalam petualangan matematika kita!
Menggunakan Bilangan dalam Kehidupan Sehari-hari
Bilangan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa melihat bilangan di mana-mana:
- Saat menghitung jumlah kelereng atau mainan di rumah.
- Mengukur berat badan dan tinggi badan kita.
- Mengetahui berapa umur kita dan tanggal ulang tahun.
- Menentukan jumlah uang yang kita miliki.
Imajinasi: Pikirkanlah setiap bilangan sebagai kunci untuk membuka berbagai misteri dalam dunia matematika!
Tambahan:
Angka (numeral) adalah simbol (digit) yang digunakan untuk mewakili suatu nilai bilangan. Contoh : 5 = V melambangkan bilangan lima. Bilangan (number) adalah suatu konsep matematika untuk melakukan perhitungan untuk menyatakan jumlah yang disebutkan. Nomor adalah angka yang menyatakan suatu urutan.
FAQ (Frequently Asked Questions)
1. Apa itu bilangan? Bilangan adalah angka-angka yang digunakan untuk mengukur, menghitung, dan menyusun objek dalam kehidupan sehari-hari.
2. Apa perbedaan antara bilangan cacah dan bilangan bulat? Bilangan cacah adalah bilangan-bilangan positif yang dimulai dari 1, sedangkan bilangan bulat mencakup bilangan cacah, nol, dan bilangan negatif.
3. Apa contoh bilangan genap dan ganjil? Contoh bilangan genap adalah 0, 2, 4, dan 6, sedangkan contoh bilangan ganjil adalah 1, 3, 5, dan 7.
4. Di mana kita bisa menemukan bilangan dalam kehidupan sehari-hari? Kita bisa menemukan bilangan saat menghitung mainan, uang, berat badan, dan banyak lagi.
Ringkasan Materi
- Bilangan adalah angka-angka yang digunakan untuk mengukur, menghitung, dan menyusun objek dalam kehidupan sehari-hari.
- Jenis-jenis bilangan meliputi bilangan cacah, bilangan bulat, bilangan genap, dan bilangan ganjil.
- Bilangan cacah adalah bilangan-bilangan positif yang dimulai dari 1 dan terus berlanjut tanpa batas.
- Bilangan bulat mencakup bilangan cacah, nol, dan bilangan negatif.
- Bilangan genap adalah bilangan bulat yang habis dibagi dua, sedangkan bilangan ganjil adalah bilangan bulat yang tidak habis dibagi dua.
Lembar Kerja
- Lengkapilah deret bilangan cacah berikut: 1, 2, __, __, 5, __, 7, __, 9, __.
- Tentukan apakah angka berikut ini genap atau ganjil: 4, 9, 12, 7, 16.
Selamat belajar, semoga kalian menjadi ahli dalam dunia bilangan!
B. Pengenalan Bilangan Cacah
Halo, anak-anak! Hari ini kita akan belajar tentang "Bilangan Cacah." Bilangan cacah adalah bilangan-bilangan positif yang digunakan untuk menghitung sesuatu. Ketika kita menghitung buah-buahan, teman-teman di kelas, atau hal-hal lainnya, kita menggunakan bilangan cacah.
Misalnya, saat kita memiliki satu apel, kita bilang itu "satu apel." Jika kita memiliki dua apel lagi, kita bilang "dua apel." Begitu seterusnya.
Mengenal Bilangan Cacah
Bilangan cacah adalah bilangan yang terdiri dari bilangan positif dan bilangan nol (0). Contohnya: 0, 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya yang digunakan untuk menghitung benda, orang, atau hal-hal lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, kita menggunakan bilangan cacah saat menghitung jumlah buah di keranjang, menghitung umur kita, atau jumlah teman yang bermain bersama.
Dalam bilangan cacah, kita akan mengenal beberapa angka penting, yaitu:
- 0: Nol merupakan angka yang menunjukkan ketiadaan atau tidak ada benda atau jumlahnya.
- 1: Satu adalah bilangan pertama dalam bilangan cacah. Kita gunakan angka ini untuk menunjukkan ada satu benda atau satu hal.
- 2: Dua adalah bilangan kedua dalam bilangan cacah. Jika kita memiliki dua kelereng, kita dapat menyebutnya "dua kelereng."
- 3: Tiga adalah bilangan ketiga dalam bilangan cacah. Contohnya, jika ada tiga buah apel, kita dapat mengatakan "tiga apel."
Menghitung dengan Bilangan Cacah
Mari kita belajar cara menghitung menggunakan bilangan cacah. Misalnya, ada lima pensil di meja. Mari kita hitung bersama:
- Satu (ambil satu pensil)
- Dua (ambil satu pensil lagi)
- Tiga (ambil satu pensil lagi)
- Empat (ambil satu pensil lagi)
- Lima (ambil satu pensil lagi)
Imajinasi: Bayangkan setiap pensil sebagai teman kecil yang menunggu giliran untuk dihitung!
Sifat-Sifat Bilangan Cacah
Bilangan cacah memiliki beberapa sifat menarik:
- Bilangan Ganjil: Bilangan cacah yang berakhiran dengan angka 1, 3, 5, 7, atau 9 disebut bilangan ganjil. Contohnya: 1, 3, dan 5.
- Bilangan Genap: Bilangan cacah yang berakhiran dengan angka 0, 2, 4, 6, atau 8 disebut bilangan genap. Contohnya: 2, 4, dan 6.
- Urutan Bilangan Cacah: Urutan bilangan cacah membantu kita mengetahui bilangan berikutnya dalam deretan. Misalnya, setelah 5 adalah 6, setelah 10 adalah 11, dan seterusnya.
Aktivitas 1: Menghitung Benda di Sekitar Kita
Ambilah sebuah wadah dan penuhilah dengan beberapa benda di sekitar kamu, seperti pensil, buku, atau mainan. Sekarang, hitunglah jumlah benda-benda tersebut menggunakan bilangan cacah.
FAQ (Frequently Asked Questions)
1. Apa itu bilangan cacah? Bilangan cacah adalah bilangan-bilangan positif yang digunakan untuk menghitung sesuatu.
2. Apa contoh bilangan cacah? Contoh bilangan cacah adalah 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya.
3. Bagaimana cara menghitung dengan bilangan cacah? Untuk menghitung dengan bilangan cacah, tambahkan satu setiap kali Anda menghitung objek berikutnya.
4. Apa perbedaan antara bilangan ganjil dan genap? Bilangan ganjil berakhiran dengan angka 1, 3, 5, 7, atau 9, sementara bilangan genap berakhiran dengan angka 0, 2, 4, 6, atau 8.
Ringkasan Materi
- Bilangan cacah adalah bilangan-bilangan positif yang digunakan untuk menghitung.
- Bilangan cacah dimulai dari angka 1 dan terus berlanjut tanpa batas.
- Kita bisa menghitung dengan bilangan cacah dengan cara menambahkan satu setiap kali menghitung objek berikutnya.
- Bilangan ganjil berakhiran dengan 1, 3, 5, 7, atau 9, sementara bilangan genap berakhiran dengan 0, 2, 4, 6, atau 8.
C. Perbedaan Angka dan Bilangan
Pengenalan Angka dan Bilangan
Sebelum kita memulai, mari kita mengenal apa itu angka dan bilangan. Angka dan bilangan adalah hal yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Namun, apakah kalian tahu perbedaannya?
- Angka adalah simbol-simbol yang digunakan untuk menyatakan besaran kuantitatif. Misalnya, 1, 2, 3, 4, dan seterusnya. Angka juga bisa digunakan untuk menghitung jumlah benda atau orang.
- Bilangan adalah kumpulan dari satu atau lebih angka. Bilangan menggambarkan besaran kuantitatif dalam bentuk yang lebih spesifik. Contohnya, 123, 567, dan sebagainya.
Jadi, intinya, angka adalah satuan dasar, sementara bilangan adalah kombinasi dari angka yang membentuk suatu nilai tertentu.
Perbedaan dalam Kehidupan Sehari-hari
Mari kita lihat bagaimana perbedaan antara angka dan bilangan dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari:
- Angka:
- Menghitung jumlah kelereng di dalam kantong.
- Menyebutkan umur teman kita.
- Menyebut nomor halaman dalam buku pelajaran.
- Bilangan:
- Menyebutkan tanggal ulang tahun kita (misalnya 27 Juli).
- Membaca nomor plat kendaraan (misalnya B 1234 CD).
- Melihat jam pada jam dinding (misalnya 08:30).
Bermain dengan Angka dan Bilangan
Mari kita bermain sedikit dengan angka dan bilangan. Coba jawab pertanyaan berikut ini:
- Isilah kotak kosong dengan angka yang tepat!
D. NILAI TEMPAT
Pengertian Nilai Tempat
Nilai tempat adalah konsep untuk menempatkan angka pada posisi tertentu dalam suatu angka yang lebih dari satu digit. Ketika kita menulis angka, setiap digit akan memiliki nilai berbeda berdasarkan posisinya. Misalnya, angka 247. Di sini, 2 berada di posisi ratusan, 4 berada di posisi puluhan, dan 7 berada di posisi satuan.
Mari kita lihat contoh lain:
- Angka 532, di mana 5 berada di posisi ratusan, 3 berada di posisi puluhan, dan 2 berada di posisi satuan.
- Angka 1.236, di mana 1 berada di posisi ribuan, 2 berada di posisi ratusan, 3 berada di posisi puluhan, dan 6 berada di posisi satuan.
Mengenal Angka dan Nilai Tempatnya
Sekarang mari kita kenali angka dan nilai tempatnya dalam angka. Kita akan melihat contoh angka dan menemukan nilai tempat masing-masing digit:
- Angka 845
- 8 berada di posisi ratusan.
- 4 berada di posisi puluhan.
- 5 berada di posisi satuan.
- Angka 2.163
- 2 berada di posisi ribuan.
- 1 berada di posisi ratusan.
- 6 berada di posisi puluhan.
- 3 berada di posisi satuan.
Latihan
Ayo kita coba beberapa latihan untuk lebih memahami nilai tempat!
- Tuliskan nilai tempat dari angka-angka berikut: a) 456 b) 3.729 c) 8.215 d) 91
- Sekarang, coba balik. Tuliskan angka yang sesuai dengan nilai tempat berikut: a) Di posisi ribuan: 7, di posisi ratusan: 2, di posisi puluhan: 0, di posisi satuan: 3. b) Di posisi ribuan: 6, di posisi ratusan: 0, di posisi puluhan: 4, di posisi satuan: 8.
NAMA BILANGAN DAN LAMBANGNYA
Soal Nama dan Lambang Bilangan
Mudah bukan?
Mengurutkan Bilangan
Membandingkan Bilangan
Isilah titik-titik di bawah ini menggunakan tanda yang sesuai!
- 66 …. 86
- 79 …. 98
- 90 …. 90
- 98 …. 79
- 86 …. 56
- 189 …. 200
- 800 …. 479
- 900 …. 764
- 573 …. 120
- 405 …. 450
- 1.000 …. 976
- 1.200 …. 1.007
- 1.543 …. 1.560
- 1.087 …. 1.087
- 1.872 …. 1.600
POLA BILANGAN
Pola bilangan ganjil
Pola bilangan ganjil merupakan pola bilangan yang terbentuk oleh bilangan ganjil. Nah, contohnya adalah 1, 3, 5, 7, 9, …
Pola bilangan genap
Pola bilangan genap merupakan pola bilangan yang terbentuk oleh bilangan genap. Contoh pola bilangan ini adalah 2, 4, 6, 8, 10, …
PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH
1. Penjumlahan
PENGURANGAN BILANGAN CACAH
1. Tanpa Meminjam
Contoh dan caranya:2. Dengan teknik meminjam
Latihan Soal (gunakan hitungan bersusun)
1. 886 - 435 = ............
2. 758 - 453 = ............
3. 889 - 438 = ............
4. 867 - 757 = ............
5. 984 - 671 = ............
PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SAMPAI 100
PEMBAGIAN
Yuk, berlatih Perkalian dengan konsep Penjumlahan Berulang!
Soal 1:
Hari ini, Andi membeli 8 bungkus permen. Di setiap bungkus terdapat 6 permen. Berapa banyak permen yang dimiliki Andi?
Soal 2:
Dina memiliki 5 kotak pensil. Setiap kotak berisi 9 pensil. Berapa banyak pensil yang dimiliki Dina?
Soal 3:
Budi memiliki 7 kelompok burung di kebunnya. Di setiap kelompok terdapat 8 burung. Berapa banyak burung yang ada di kebun Budi?
Soal 4:
Lina mempunyai 9 buku cerita. Di setiap buku, terdapat 4 cerita. Berapa banyak cerita yang ada di semua buku Lina?
Soal 5:
Pak Rahman membeli 10 kotak krayon. Setiap kotak berisi 7 krayon. Berapa banyak krayon yang dimiliki Pak Rahman?
Yuk, berlatih Pembagian dengan konsep Pengurangan Berulang!
Soal 1:
Ibu membeli 15 kue untuk dibagikan kepada 5 anak. Ibu ingin membagikan kue secara adil. Berapa banyak kue yang akan diterima setiap anak?
Soal 2:
Pak Budi memiliki 18 apel dan ingin membagikannya kepada 6 temannya. Berapa banyak apel yang akan diterima setiap teman Pak Budi?
Soal 3:
Tina memiliki 21 stiker dan ingin menyusunnya dalam album. Jika setiap halaman hanya dapat menampung 7 stiker, berapa banyak halaman yang diperlukan oleh Tina?
Soal 4:
Rudi mempunyai 30 kelereng. Jika ia ingin menyimpannya dalam kotak, dan setiap kotak hanya dapat menampung 10 kelereng, berapa banyak kotak yang diperlukan oleh Rudi?
Soal 5:
Mbak Sari memiliki 24 pensil warna dan ingin menyimpannya dalam kotak pensil. Setiap kotak hanya dapat menampung 8 pensil. Berapa banyak kotak yang diperlukan oleh Mbak Sari?
Post a Comment for "Materi Matematika Kelas 3 SD Semester 1"
Terima kasih sudah berkunjung, silakan jika berkenan meninggalkan jejak digital di kolom komentar. Siapa pun anda yang berkunjung dan meninggalkan kata atau kalimat, semoga dimudahkan segala urusan dunianya dan masuk surga. Aaamiin.