Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Pendidikan Pancasila Kelas 3 Sekolah Dasar: Mengidentifikasi Aturan

Berikut materi Pendidikan Pancasila untuk kelas 3 Sekolah Dasar dengan tujuan pembelajaran agar peserta didik dapat mengidentifikasi aturan di sekolah dan lingkungan tempat tinggal.

Materi Pendidikan Pancasila Kelas 3 Sekolah Dasar: Mengidentifikasi Aturan
Ilustrasi Aturan

Tujuan Pembelajaran:

  1. Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
  2. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.
  3. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.

Materi Pembelajaran:

A. Pengertian Aturan

Aturan adalah ketentuan atau pedoman yang dibuat untuk mengatur perilaku anggota dalam suatu lingkungan, seperti keluarga, sekolah, atau masyarakat. Aturan bertujuan menciptakan keteraturan, keamanan, dan kenyamanan bersama.

B. Aturan di Rumah

Di lingkungan keluarga, terdapat aturan yang harus dipatuhi oleh setiap anggota keluarga. Contoh aturan di rumah antara lain:

  • Bangun dan tidur tepat waktu: Misalnya, bangun pukul 6 pagi dan tidur pukul 9 malam.
  • Membantu pekerjaan rumah: Seperti merapikan tempat tidur, menyapu lantai, atau mencuci piring.
  • Menghormati orang tua dan anggota keluarga lainnya: Berbicara dengan sopan dan mendengarkan nasihat mereka.
  • Belajar dan mengerjakan PR tepat waktu: Menyediakan waktu khusus untuk belajar setiap hari.
  • Tidak bermain gadget berlebihan: Mengatur waktu bermain gadget agar tidak mengganggu aktivitas lain.

C. Aturan di Sekolah

Di sekolah, terdapat aturan yang harus dipatuhi oleh setiap siswa untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Contoh aturan di sekolah antara lain:

  • Datang tepat waktu: Masuk sekolah sesuai jadwal yang ditentukan.
  • Memakai seragam lengkap dan rapi: Mengikuti ketentuan seragam yang berlaku di sekolah.
  • Mendengarkan dan menghormati guru: Tidak berbicara saat guru menjelaskan pelajaran.
  • Menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah: Membuang sampah pada tempatnya dan merapikan meja setelah digunakan.
  • Tidak berkelahi atau berkata kasar: Berperilaku sopan terhadap teman dan guru.

D. Pentingnya Mematuhi Aturan

Mematuhi aturan di rumah dan sekolah memiliki manfaat, antara lain:

  • Menciptakan lingkungan yang tertib dan harmonis: Semua anggota merasa nyaman dan aman.
  • Membentuk disiplin diri: Membiasakan diri untuk bertanggung jawab dan tepat waktu.
  • Meningkatkan prestasi belajar: Lingkungan yang tertib mendukung proses belajar yang efektif.
  • Menumbuhkan rasa saling menghormati: Menghargai hak dan kewajiban masing-masing individu.

E. Akibat Tidak Mematuhi Aturan

Tidak mematuhi aturan dapat menyebabkan:

  • Kekacauan dan konflik: Misalnya, pertengkaran dengan teman atau anggota keluarga.
  • Sanksi atau hukuman: Seperti teguran dari guru atau orang tua.
  • Menurunnya prestasi belajar: Ketidakteraturan dapat mengganggu konsentrasi belajar.
  • Dijauhi oleh teman: Sikap tidak disiplin dapat membuat orang lain enggan bergaul.

F. Cara Mematuhi Aturan

Untuk mematuhi aturan, peserta didik dapat:

  • Membaca dan memahami aturan yang berlaku: Mengetahui apa saja yang diperbolehkan dan dilarang.
  • Membuat jadwal kegiatan harian: Mengatur waktu untuk belajar, bermain, dan istirahat.
  • Bertanya jika ada yang tidak dimengerti: Meminta penjelasan kepada orang tua atau guru.
  • Berlatih disiplin secara konsisten: Melakukan kebiasaan baik setiap hari.
  • Mengajak teman untuk bersama-sama mematuhi aturan: Saling mengingatkan dalam kebaikan.

G. Aktivitas Pembelajaran

  1. Diskusi Kelas: Guru mengajak siswa berdiskusi tentang aturan yang ada di rumah dan sekolah.
  2. Studi Kasus: Siswa diberikan contoh situasi dan diminta menentukan apakah perilaku dalam situasi tersebut mematuhi aturan atau tidak.
  3. Permainan Peran (Role Play): Siswa memerankan skenario yang menunjukkan kepatuhan atau pelanggaran aturan, kemudian mendiskusikan dampaknya.
  4. Membuat Poster: Siswa membuat poster tentang pentingnya mematuhi aturan di rumah dan sekolah.

H. Penilaian

  1. Observasi: Guru mengamati partisipasi dan sikap siswa selama diskusi dan aktivitas kelas.
  2. Tugas Tertulis: Siswa menuliskan contoh aturan di rumah dan sekolah serta manfaat mematuhinya.
  3. Presentasi: Siswa mempresentasikan poster yang telah dibuat tentang kepatuhan terhadap aturan.

Materi ini diharapkan dapat membantu peserta didik memahami pentingnya aturan di lingkungan rumah dan sekolah serta mendorong mereka untuk mematuhinya dalam kehidupan sehari-hari.


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Mata Pelajaran: Pendidikan Pancasila
Kelas/Semester: 3 / 1
Materi: Mengidentifikasi Aturan di Sekolah dan Lingkungan Tempat Tinggal
Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu:

  1. Mengidentifikasi aturan di sekolah dan rumah.
  2. Menyebutkan contoh sikap mematuhi aturan di sekolah dan rumah.
  3. Menjelaskan manfaat mematuhi aturan.

A. Petunjuk Kerja

  1. Bacalah setiap pertanyaan dengan cermat.
  2. Diskusikan dengan teman jika diperlukan.
  3. Tuliskan jawaban dengan jelas dan rapi di tempat yang telah disediakan.

B. Kegiatan 1: Mengidentifikasi Aturan di Rumah dan Sekolah

  1. Sebutkan 3 aturan yang ada di rumahmu!
  2. Sebutkan 3 aturan yang ada di sekolahmu!
  3. Berikan contoh tindakan yang menunjukkan kepatuhan terhadap aturan di rumah!

No

Aturan di Rumah

Aturan di Sekolah

Tindakan Kepatuhan

1

2

3




C. Kegiatan 2: Studi Kasus

Kasus 1:
Budi sering terlambat masuk kelas karena bermain terlalu lama di pagi hari. Akibatnya, ia tidak mendengar penjelasan awal dari guru.

  • Apa aturan yang dilanggar oleh Budi?
  • Apa yang seharusnya dilakukan Budi agar tidak terlambat?

Jawaban:

  • Aturan yang dilanggar: ___________________________________________
  • Solusi: ______________________________________________________

D. Kegiatan 3: Membuat Poster

  1. Buatlah sebuah poster sederhana yang menggambarkan pentingnya mematuhi aturan di sekolah atau rumah!
  2. Poster harus mencantumkan:
    • Judul.
    • Gambar ilustrasi.
    • Pesan singkat tentang pentingnya mematuhi aturan.

Kolom untuk menggambar:
[ Kosongkan bagian ini untuk gambar siswa ]


E. Refleksi

  1. Bagaimana perasaanmu setelah mempelajari aturan di rumah dan sekolah?
  2. Apa manfaat terbesar dari mematuhi aturan menurutmu?

Penilaian LKPD

Aspek Penilaian:

  1. Ketepatan jawaban pada Kegiatan 1 dan 2.
  2. Kreativitas dan pesan pada poster di Kegiatan 3.
  3. Refleksi diri siswa pada bagian E.

Post a Comment for "Materi Pendidikan Pancasila Kelas 3 Sekolah Dasar: Mengidentifikasi Aturan"